Desa Talang Buluh Manfaatkan Ikan Lele Untuk BUMDes Guna Memberdayakan Ekonomi Masyarakat

Pembangunan, Pendanaan dan Pemberdayaan menjadi permasalahan yang dialami oleh semua perangkat dan pemerintahan desa. Kondisi dan kenyataan ini kami selaku pemerhati dan praktisi pemberdayaan ekonomi masyarakat ingin sekali berbagi ilmu, berbagi pengalaman terhadap apa yang dirasakan, apa yang dikeluhkan dan apa yang belum dijalankan oleh masyarakat desa khususnya dan masyarakat pelaku-pelaku ekonomi dan usaha di desa dan daerah.
Salah satu program yang digaungkan oleh Pemerintah salah satunya perlu adanya Badan Usaha Milik Desa atau lebih dikenal dengan nama BUMDES, BUMDES ini dapat berjalan apabila SDM dan kelengkapan-kelengkapan di dalam BUMDES tersebut sudah bisa dibentuk.

Pemerintah Desa Talang Buluh memanfaatkan hasil Panen budidaya lele warga guna pembuatan produk olahan kerupuk dan kemplang, selain itu juga di manfaatkan untuk makanan bakso lele. Produksi ikan lele ini dilakukan oleh para ibu-ibu PKK Desa Talang Buluh yang diketuai oleh ibu Jum dari Rt 05 Dusun II Desa Talang Buluh.

Hasil produksi kerupuk dan kemplang telah diketahui oleh banyak desa, kecamatan, dan terkadang pemerintah dari Provinsi juga kerap datang untuk mengambil hasil olahan untuk dimaperkan.

“Hasil produk olahan kami telah banyak laku di pasaran, tak hanya itu pemesanan dari pemerintah daerah juga kerap memesan untuk pameran ataupun juga untuk keikutsertaan lomba,” ujar Ibu Jum selaku Ketua dari BUMDes tersebut.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan