Indonesia Berjaya di Dukung Oleh Hasil Panen Petani

Hasil panen petani di Desa Talang Buluh dapat dikatakan meningkat pesat, selain didukung oleh bibit yang duganakan, didukung juga oleh cuaca di Desa Talang Buluh yang saat ini mencapai 30o-32o C. Petani mengungkapkan bahwa akhir tahun ini selain harga sayur meningkat hasil panen juga mengiringi.

Bapak Agus adalah adalah salah satu penghasil panen akhir tahun ini, Pak Agus tahun ini memanen sayur timun dan oyong atau yang sering di sebut oleh masyarakat sumatera selatan pada umumnya dan Desa Talang Buluh khusunya yaitu sayur Kisik. Hasil panen Pak Agus kali ini untuk sayur timun yaitu 100 kg, dan untuk sayur kisik mencapai 150 kg.

“Alhamdulillah, akhir tahun ini hasil panen kami cukup meningkat karena didukung oleh curah hujan yang baik”. Ujar Mas Agus pemilik kebun kisik dan timun.

Tidak hanya sayur kisik dan timun yang di panen oleh Pak Agus, namun kemarin Pak Agus sempat memanen sayur pare yang katanya mencapai sekitar 300 kg.

“Saya sempat tidur di atas bak mobil yang dipenuhi oleh hasil panen pare”. Ujar Pak Agus.

Namun Pak Agus masih manyayangkan untuk harga sayur di kebun yang masih berbeda jauh dengan harga di pasar. Pak Agus mengatakan bahwa harga sayur di kebun hamper berbeda separuh harga di kebun. Untuk sayur kisik sendiri di kebun dihargai Rp 6000,- sedangkan harga di pasar mencapai Rp 12.000,-.

Pak Agus berharap pemerintah dapat menstabilkan harga pasaran yang berbeda jauh dengan kebun. Agar petani dapat lebih Berjaya dan dapat menambah modalnya untuk pertain yang jauh lebih baik dan lebih canggih. Karena meningkatnya kejayaan petani tergantung juga dengan kebijakan Pemerintah.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan