Profil Desa

KONDISI UMUM DESA 

1.1.     Kondisi Umum

Dinamika Pembangunan Masyarakat Desa Talang Buluh  menunjukan pertumbuhan yang positif, ditandai keberhasilan pembangunan yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Memasuki era globalisasi dan seiring dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat akan hak-haknya, serta meningkatnya kebutuhan semakin kompleks merupakan tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk meningkatkan capaian hasil pembangunan. Untuk mengantisipasi berbagai permasalahan, tantangan serta perkembangan di masa kini dan masa depan diperlukan perencanaan yang jelas terarah dan partisipatif.

Kondisi yang diharapkan di masa depan tidak terlepas dari pencapaian sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan pembangunan secara efektif. Seiring dengan itu, upaya secara terus menerus tetap diarahkan untuk mengatasi tantangan dan hambatan pembangunan Desa guna mewujudkan kondisi yang diharapkan dan kondisi saat ini merupakan modal dasar atau bahan untuk perencanaan yang akan menentukan keberhasilan.

Sejak tanggal 20 januari 2014 Desa Talang Buluh resmi dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang bernama SUKATNO, beliau adalah Kepala Desa terpilih yang pemilihannya dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2013 dengan perolehan suara Mayoritas dan dilantik pada tanggal 20 Januari 2014,   beliau mempunyai visi dan misi yang akan membuat Desa Talang Buluh lebih maju dan berkembang seperti yang diharapkan Masyarakat.

Visi : DENGAN GUYUB, RUKUN DAN GOTONG ROYONG KITA JADIKAN DESA TALANG BULUH YANG MANDIRI.

Misi : Menigkatkan Kerukunan antar suku dan agama,Meningkatkan Gotong royong dalam berbagai bidang,meningkatkan kualitas SDM Aparatur Pemerintah desa, Lembaga Kemasyarakatan dan Masyarakat, Melaksanakan tata kelola Pemerintahan Desa yang baik, Menggali dan mengembangkan Potensi dan pendapatan asli Desa,mengembangkan usaha ekonomi Desa dan keamanan lingkungan.

1.2.   Keadaan Geografis

Desa Talang Buluh merupakan Desa hasil pemekaran dari Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa dimekarkan pada tahun 2004 dan berdasarkan SK Bupati Banyuasin nomor 049 Tahun 2004 dan ditetapkan pada tanggal 9 Februari 2004 Desa Talang Buluh berada di wilayah administrasi Kabupaten Banyuasin  dengan luas wilayah 20 Km Atau sekitar 2.000 hektar yang terdiri atas 3  Dusun  dan  10 RT. Jarak dari Kantor Desa ke Kota Kecamatan adalah 5 Km, ke Ibu Kota Kabupaten berkisar antara 25 Kilometer. Dilihat dari batas wilayah administrasi Desa Talang Buluh Berbatasan dengan :

Sebelah Utara                   : Kelurahan Tanah Mas

Sebelah Selatan                : Kecamatan Gandus Kota Palembang

Sebelah Barat                   : Kelurahan Sukamoro & Kec. IB I Kota Palemabang

Sebelah Timur                   : Kec. Alang-alang lebar Kota Palembang

Secara geografis, Desa Talang Buluh adalah merupakan wilayah dataran  dengan ketinggian + 300 mdpl  yang terdiri dari   persawahan dan perkebunan.

1.3.       Sosial Budaya

untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan leluhur serta mengembangkan kreatifitas seni, maka dikembangkan melalui  kelompok seni yaitu seni Kuda Lumping,  Rebana dan Hadro,

Sedangkan budaya yang masih terpelihara dengan baik dalam kehidupan masyarakat di Desa Talang Buluh  yaitu diantaranya Budaya Gotong Royong dalam segala hal,kususnya untuk   membangun sarana umum.

 

1.4.  Penduduk

dari 703 Kepala Keluarga (KK) Jumlah penduduk Desa Talang Buluh sampai dengan akhir tahun 2016 sebesar 2370 jiwa  ,terdiri dari  laki-laki 1.176 jiwa dan Perempuan 1.194 jiwa dengan kepadatan rata-rata 118 jiwa/Kilometer persegi. Sedangkan laju pertumbuhan penduduk 0,04%. Hal ini menunjukkan bahwa laju pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan.

 

1.5. Kesehatan

Kesehatan adalah merupakan faktor yang sangat perlu diperhatikan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang handal, dimana kesehatan bukan hanya kesehatan jasmani saja akan tetapi harus didukung pula oleh kesehatan lingkungan.

Kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh diantaranya kesadaran dan akses atau pasilitas yang tersedia. Untuk memenuhi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, terdapat 3 Posyandu, 1 Pustu/Poskesdes dengan tenaga kesehatan 2 Orang  bidan Desa dan 2 orang perawat yang yang siap melayani warga 24 jam. Untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sakit, yaitu tersedia Puskesmas yang berlokasi di Kota Kecamatan dengan jarak tempuh 5 km, dan bagi yang memerlukan perawatan di Rumah sakit, yaitu tersedia rumah sakit umum daerah  dengan jarak tempuh 25 km dan beberapa rumah sakit swasta yang tidak berapa jauh dari Desa.

Bedasarakan data tahun 2016, jumlah balita yang diperiksakan kesehatnnya di Posyandu sebanyak      anak balita dari      balita yang ada atau      persen dan terdapat peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun 2015, dimana balita yang diperiksakan hanya     dari jumlah     atau     persen.

Untuk menjaga kesehatan lingkungan, masyarakat setiap setiap bulan  selalu melaksankaan gerakan gotong royong kebersihan lingkungan dengan setiap pasilitas umum disediakan tong sampah bantuan dari Badan Lingkungan hidup Kabupaten Banyuasin. yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh setiap lingkungan RT minggu pertama untuk setiap bulannya.

Untuk  memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal mandi, cuci dan buang air besar mereka sudah sadar betul akan pentingnya hal itu yang sebahagian besar masyarakat telah memiliki MCK di rumah masing masing dengan menggunakan air bersih dari Sumur gali.

1.6.  Pemuda dan Olahraga

Pemuda sebagai tulang punggung bangsa dan merupakan generasi penerus perjuangan kearah yang lebih baik, maka kualitasnya perlu terus disiapkan dan dikembangkan melalui peningkatan aspek pendidikan, kesejahteraan hidup dan tingkat kesehatan. Untuk mewadahi aktivitas dan kreativitas generasi muda yang lebih berkualitas dan mandiri, serta memiliki produktivitas terdapat berbagai wahana yang dikembangkan oleh Pemerintah Desa yaitu Karang Taruna.

Sebagai wadah atau tempat pengembangan bakat dan kreatifitas pemuda di Desa Talang Buluh terdapat beberapa perkumpulan oleh raga, diantaranya perkumpulan Sepak Bola sebanyak 4 Team, Bola Volley sebanyak 3 Team dan 1 perkumpulan Bela Diri. IKJ ( Ikatan Kera Sakti), sebagai tempat pengembangan olah raga, terdapat 1 lapang sepak bola dan  3 buah lapang Voly Ball.

 

1.7.  Agama

Penduduk  Desa Talang Buluh Kecamatan Talang Kelapa , mayoritas sebagai pemeluk dan pengamal agama Islam, hal itu tercermin dalam kehidupan sehari-hari yang agamis. Kehidupan agamis masyarakat bukan hanya tercermin dari kegiatan ibadah sholat lima waktu, pelaksanaan puasa dan ibadah zakat saja, akan tetapi tercermin dari sikap saling tolong menolong diantara warga masyarakat dan terciptanya kerukunan dalam kehidupan sebagai bentuk kesalehan sosial. Untuk sarana ibadah, terdapat  4 buah  mesjid, 2 Musolah/ langgar dan 2 TPA tempat mengaji anak-anak dan terdapat 7 kelompok pengajian Bapak-bapak dan 6 kelompok Pengajian untuk Ibu-ibu..

1.8.     Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan sosial masyarakat dapat diidentikan dengan jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).  Sampai dengan tahun 2013 jumlah PMKS di Desa Talang Buluh diantaranya meliputi Keluarga Pakir miskin sebanyak 0 KK, anak balita terlantar sebanyak 0 orang, anak terlantar sebanyak  0  orang, korban tindak kekerasan atau diperlakukan salah sebanyak 0 orang, anak nakal sebanyak 0 orang, anak jalanan sebanyak 0 orang, wanita rawan sosial ekonomi sebanyak 0 orang, lanjut usia terlantar sebanyak 0 orang, penyandang cacat sebanyak 10 orang, Tuna Susila sebanyak 0 orang, pengemis sebanyak 0 orang, gelandangan sebanyak 0 orang, bekas warga binaan pemasyarakatan sebanyak 0 orang, korban penyalahgunaan NAPZA sebanyak 0 orang, keluarga berumah tidak layak huni sebanyak 0 KK, keluarga bermasalah sosial psikologis sebanyak 0 KK, pekerja migran sebanyak 0 orang.

 

2.1.    Ketenagakerjaan

Jumlah tenaga kerja sebanyak 1017 orang dan tenaga kerja produktif sebanyak 0 yang tersebar dalam berbagai sektor, diantaranya  sektor pertanian merupakan sektor yang menampung paling banyak tenaga kerja yaitu sekitar  491 orang atau 48 persen, sektor perdagangan 1 orang atau 0 persen, dan industri pengolahan 5 orang atau 0 persen. Secara kuantitatif apabila dibanding dengan tahun 2012, jumlah pengangguran di Desa Talang Buluh  sebanyak   0.1 persen.

Untuk menambah penghasilan keluarga di adakan kegiatan  diantaranya beberapa kegiatan yang telah dilakukan melalui pembinaan berbagai keterampilan, diantaranya keterampilan membuat kripik rengginan dari ubi kayu, kripik pangsit, kripik pisang, kripik ubi, kerupuk ubi, dan budidaya ikan lele, peternakan dan pertanian.

  • Perumahan dan Permukiman

Rumah dan fasilitasnya merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus terpenuhi. Karena itu aspek kesehatan dan kenyamanan sangat menentukan dalam pemilikan rumah tinggal terkait dengan kesejahteraan penghuninya. Secara umum, perumahan dan lingkungan cukup baik hal itu dapat dilihat dari keberadaan rumah dimana terdapat 530 rumah dengan kondisi permanen, 70 Rumah semi permanen dan hanya 0 rumah kurang layak huni.

Sementara untuk fasilitas kehidupannya telah dibangun fasilitas diantaranya Jalan-jalan lorong  telah terbangun dalam kondisi baik dan di cor semen, air bersih dari sumur gali yang baik dan disetiap rumah telah memiliki Jamban atau MCK.

 

Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat

Secara umum ketentraman dan ketertiban di Desa Talang Buluh cukup kondusip dan dapat terkendali dengan baik, hal  itu adalah merupakan buah dari kerjasama anatara aparat keamanan dan aparat desa serta kesadaran masyarakat. Untuk menjaga keamanan, telah dibentuk 10elompok jaga ronda yang tersebar di  10 Rt dengan fasilitas  pos ronda di setiap RT. Yang dikordinasikan  oleh 10 anggota Hansip.

Kehidupan masyarakat sampai saat ini dapat berjalan dengan harmonis, saling menghormati, saling menghargai dengan penuh kebersamaan dan gotong royong dan diharapkan kondisi ini dapat terus terpelihara dengan baik terutama dalam mengantisipasi pengaruh-pengaruh negatif dari luar

2.3     Keadaan Ekonomi

Kondisi perekonomian masyarakat secara umum mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya dari aspek pertanian dan perkebunan , hasil panen  palawija dari luas lahan 20 ha mengalami peningkatan dari 20 ton pada tahun 2015 menjadi 25 ton pada tahun 2016. Demikian pula dalam pengelolaan perkebunan karet yang terus meningkat apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2012 hasil karet dari Desa Talang Buluh 240 ton dan pada tahun 2016 meningkat menjadi kurang lebih 1.500 ton, mayoritas mansarakat telah memanfatkan kebunnya untuk menanam karet sehingga setiap tahunnya akan mengalami peningkatan hasil yang sangat signifikan.

Peningkatan perekonomian masyarakat dapat pula dilihat dari pola hidup dan sarana penunjang kehidupan sehari-hari, dimana untuk menunjang aktifitas kehidupan sehari hari di Desa Talang Buluh terdapat peningkatan yang cukup signifikan pemilik kendaraan baik kendaran roda dua maupun kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua sampai saat ini tercatat 902 motor, dan mobil 61 buah.

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, berbagai upaya telah dilakukan, baik melalui pemenuhan sarana infrastrukturnya seperti, jalan-jalan kekebun maupun dalam pengembangan usaha lain seperti budidaya ikan lele, Nila dan patin . Pada saat ini melalui binaan Dinas pertanian, sedang dikembangkan budidaya ikan lele yang dikelola KUBE atau kelompok Usaha Bersama    dalam bentuk   pembesaran dengan jumlah kolam 12 kolam pembesaran dengan kapasitas produksi 1 ton sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan hamper disetiap rumah memiliki kolam gantung  dan beberapa rumah memiliki kolam yang permanent.

Dalam bidang peternakan, pada saat ini di Desa Talang Buluh terdapat 30 ekor sapi, 60 ekor kambing, 20.000 ayam Pedaging dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang peternakan yang disesuaikan pada kebutuhan pasar, pada saat ini sedang dikembangkan budidaya bebek kuwek , dimana untuk budidaya bebek kuwek sampai dengan saat ini terdapat 1 kelompok/orang yang beternak bebek kuwek  dengan jumlah 200 ekor bebek. Sementara dalam bidang ternak Kambing,  pada saat ini terdapat beberapa masyrakat yang beternak kambing dengan 5 ekor disetiap rumahnya..

Disamping pemanfatan potensi yang sudah diolah, masih banyak potensi-potensi desa yang diharapkan manakala diolah dengan baik akan dapat mendorong percepatan peninghkatan perekonomian masyarakat seperti diantaranya rawa dengan luas 19 ha dan yang kesemuanya manakala dikeloloa dengan baik diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat juga meningkatkan pendapatan Desa

Untuk pemasaran hasil perekonomian masyarakat, pada saat ini hasil produksi perkebunan karet  dijual di Desa melalui para tengkulak, produksi sayur mayur di jual ke pasar Desa dan ada juga yang dijual kepasar pagi  yang berjarak 20 km, dan untuk penjualan produksi perikanan dan peternakan melalui bandar yang datang langsung kepada para peternak.

Sebagai penunjang perekonomian dan sosial budaya masyarakat tersedia jalan Desa 7 km dengan kondisi   baik, jalan menuju wilayah pertanian 1.5 km dengan kondisi   baik serta jalan penghubung antar dusun sepanjang 5 km  dengan kondisi cukup baik.

Facebook Comments